Kamis, 19 Oktober 2017

INSTRUMEN SUPERVISI LENGKAP DENGAN KURIKULUM 2013

INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
1.  Nama sekolah         : ………………………………………………………
2.  Nama guru               : ………………………………………………………
3.  Mata pelajaran         : ………………………………………………………
4.  Kelas/semester        : ………………………………………………………
5.  Hari/tanggal/jam ke : ………………………………………………………
6.  Kompetensi Dasar  : ………………………………………………………
7.  Jumlah peserta didik      : ……… orang, hadir : ……… orang, tidak hadir : ……. orang
Lembar Observasi
No
Butir-butirAmatan
Keterlaksanaan

Catatan
Ya
Tidak
A
Kegiatan Pendahuluan



  1.  
Mengondisikan suasana pembelajaran yang menyenangkan.



  1.  
Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan.  



  1.  
Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.



  1.  
Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.



  1.  
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.



B
Kegiatan Inti



1
Pengelolaan Pembelajaran




a.    Guru membantu siswa  membentuk kelompok.




b.   Guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.




c.    Guru menguasai materi pelajaran.




d.   Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik.




e.    Guru memulai dan mengakhiri proses pembelajaran tepat waktu.




f.    Guru membantusiswamendefinisikandanmengorganisasikantugas yang akandilakukan.




g.   Guru menggunakan bahasa yang baik dan benar.




h.   Guru mendorongsiswauntukmemanfaatkansumberbelajar yang ada di sekolahmaupun di luarsekolah.




i.     Guru memanfaatkan teknologi dan Informasi.



2
Penerapan Pendekatan/Model Pembelajaran*)




Pendekatan Saintifik




a.    Memfasilitasi peserta didik untuk  mengamati.




b.   Memancing/memfasilitasi  peserta didik untuk merumuskan pertanyaan.




c.    Menfasilitasi peserta didik dalam mengumpulkan informasi/mencoba.




d.   Memfasilitasi peserta didik dalam mengolah/menganalisis  informasi untuk membuat kesimpulan.




e.    Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperolehnya.




f.    Menfasilitasi peserta didik untuk melakukan kegiatan mencipta.




Discovery Learning




a.    Melaksanakan tahap 1 Persiapan.




b.   Melaksanakan tahap 2 Stimulasi/pemberian rangsangan.




c.    Melaksanakan tahap 3 Identifikasi masalah.




d.   Melaksanakan tahap 4 Mengumpulkan data.




e.    Melaksanakan tahap 5 Pengolahan data.




f.    Melaksanakan tahap 6 Pembuktian.




g.   Melaksanakan tahap 7 Menarik kesimpulan.




Problem-based Learning




a.    Melaksanakan tahap 1 Orientasi terhadap masalah




b.   Melaksanakan tahap 2 Organisasi belajar




c.    Melaksanakan tahap 3 Penyelidikan individual maupun kelompok




d.   Melaksanakan tahap 4 Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah




e.    Melaksanakan tahap 5 Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah





Project-based Learning




a.    Melaksanakan tahap 1 Penentuan projek




b.   Melaksanakan tahap 2 Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek




c.    Melaksanakan tahap 3 Penyusunan jadwal pelaksanaan projek




d.   Melaksanakan tahap 4 Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring guru




e.    Melaksanakan tahap 5 Penyusunan laporan dan presentasi/publikasi hasil projek




f.    Melaksanakan tahap 6 Evaluasi proses dan hasil projek




Inquiry Learning




a.    Melaksanakan tahap 1 Orientasi




b.   Melaksanakan tahap 2 Merumuskan masalah




c.    Melaksanakan tahap 3 Merumuskan hipotesis




d.   Melaksanakan tahap 4 Mengumpulkan data




e.    Melaksanakan tahap 5 Menguji hipotesis




f.    Melaksanakan tahap 6 Merumuskan kesimpulan



3
Pelaksanaan Penilaian




a.    Melaksanakan Penilaian/ Pencatatan Perkembangan Sikap




b.   Melaksanakan Penilaian Pengetahuan




c.    Melaksanakan Penilaian Ketrampilan




C
Kegiatan Penutup



1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan  kegiatan pembelajaran.



2
Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.



3
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.



4
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tu­gas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.



5
Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.





Supervisor,



(...............................................)
NIP ........................................
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,



(...............................................)
NIP ........................................

Mengetahui;
Kepala sekolah,



H.M. SIBAWAEH, S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036


INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN (K-2013)

1.    Nama Guru                   : ……………………………..
2.    Sekolah                         : ……………………………..
3.    Kelas/Semester            : ……………………………..
4.    Mata pelajaran              : ……………………………..
5.    Kompetensi Inti            : ……………………………..
6.    Kompetensi Dasar       :  ……………………………..
7.    Hari tanggal                  : ……………………………..
Lembar Pengamatan pra Observasi
No.
Komponen
Target
Indikator
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
A.
Identitas Mata Pelajaran/
Tema
Menuliskan identitas dengan lengkap

1.    Menuliskan nama sekolah
2.    Menuliskan mata pelajaran
3.    Menuliskan kelas dan semester
4.    Menuliskan alokasi waktu

B.
Kompetensi Inti
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar


C.
Kompetensi Dasar
Menuliskan KD dengan lengkap dan benar
Menuliskan KD (dengan lengkap dan benar)

.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Menyusun indikator yang layak
1.     Merumuskan indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan KD
2.   Menggunakan kata kerja opera­sional relevan dengan KD yang dikembangkan
3.     Merumuskan indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD

E.
Materi Pembelajaran
Memilih materi pembelajaran yang sesuai
1.   Memilih materi pembelajaran reguler, remedial dan pengayaan sesuai dengan kompetensi yang akan dikembangkan
2.   Kedalaman materi pembelajaran reguler, remedial dan pengayaan sesuai kemampuan peserta didik
3.   Cakupan  materi pembelajaran reguler, remedial dan pengayaan sesuai dengan alokasi waktu dan sarana pendukung

F.
Kegiatan  Pembelajaran
Merancang kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
1.   Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
2.     Merancang  pengelolaan  pembelajaran yang sistematis dan sistemik,  memuat aktivitas-aktivas yang mengungkap kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, mengomunikasikan, dan jika memungkinkan sampai dengan mencipta.
3.     Merancang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi tercapainya semua kompetensi (mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan)
4.     Merumuskan aktivitas pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana, dan media pembelajaran

G.
Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Merancang kegiatan penilaian, pembelajaran remedial, dan pengayaan



Penilaian
Merancang kegiatan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
1.     Mencantumkan teknik, bentuk, dan instrumen penilaian pada ranah sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan
2.     Mencantumkan teknik, bentuk, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator
3.     Menyusun instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen
4.     Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen


Pembelajaran Remedial
Merancang kegiatan pembelajaran remedial
1.      Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran
2.      Menuliskan aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa:
·         pembelajaran ulang,
·         bimbingan perorangan
·         belajar kelompok
·         tutor sebaya


PembelajaranPengayaan
Merancang kegiatan pembelajaran pengayaan
1.    Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran
2.    Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang memuat  perluasan/pendalaman  materi pembelajaran dan/atau mempertinggi kompetensi
3.    Menuliskan aktivitas kegiatan pembelajaran pengayaan, yang bisa berupa:
·         Proyek, yang meliputi perencanaan, pembuatan produk, pelaporan
·         Mengerjakan soal-soal yang menuntut kemampuan berpikir lebih tinggi

H.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Memilih dan memanfaatkanmedia/alat, bahan, dan sumber belajar secara optimal


                                                                                                                                               


Supervisor,




(...............................................)
NIP ........................................
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,




(...............................................)
NIP ........................................

Mengetahui;
Kepala sekolah,




H.M. SIBAWAEH, S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036


INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pra Observasi)

1.      Nama Guru                     : ……………………………..
2.      Sekolah                           : ……………………………..
3.      Kelas/Semester                : ……………………………..
4.      Mata pelajaran                 : ……………………………..
5.      Kompetensi Inti              : ……………………………..
6.      Kompetensi Dasar           :  ……………………………..
7.      Hari tanggal                    : ……………………………..
No
URAIAN KEGIATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4
1.
Menentukan identitas mata pelajaran




2.
Menentukan kompetensi Inti




3.
Menentukan kompetensi dasar




4.
Menentukan indicator pencapaian kompetensi




5.
Menentukan tujuan pembelajaran




6.
Menentukan materi ajar




7.
Menentukan alokasi waktu




8.
Menentukan metode pembelajaran




9.
Menentukan kegiatan pembelajaran




10.
Menentukan penilaian hasil belajar




11.
Menentukan sumber belajar





Jumlah skor yang dicapai = …………………….





Jumlah skor  maksimum = 44
Klasifikasi
…………………….

Nilai  = …………………….. %
                       
SARAN PEMBINAAN :
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………           

Supervisor,



(...............................................)
NIP ........................................
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,



(...............................................)
NIP ........................................

Mengetahui;
Kepala sekolah,



H.M. SIBAWAEH, S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036

INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
1.     Nama sekolah   : ………………………………………………………
2.     Nama guru         : ………………………………………………………
3.     Mata pelajaran   : ………………………………………………………
4.     Kelas/semester  : ………………………………………………………
5.     Hari/tanggal/jam ke       : ………………………………………………………
6.     Kompetensi dasar         : ………………………………………………………
7.     Jumlah peserta didik    : ……… orang, hadir : ……… orang, tidak hadir : ……. Orang
No
ASPEK PENGAMATAN
KRITERIA NILAI
1
2
3
4

A. KEGIATAN AWAL




1.
Membuka pelajaran dengan salam




2.
Guru memberi apersepsi dan motivasi




3.
Guru memberitahu kompetensi yang akan dicapai (tujuan pembelajaran)





B. KEGIATAN INTI




1.
Guru tampak menguasai materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan jelas)




2.
Guru mengelola kelas dengan baik




3.
Metode/pendekatan yang digunakan variatif




4.
Guru menggunakan alat bantu/media pembelajaran (alat peraga, peta, OHP, kaset & tape recorder, komputer & LCD, CD interaktif, dsb)




5.
Guru berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peseta didik




6.
Guru menggunakan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar




7.
Guru mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi informasi (komputer, internet)




8.
Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran




9.
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi




10.
Peserta didik tampak ceria dan antusias dalam belajar




11.
Ada penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi (ketercapaian tujuan pembelajaran)




12.
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP




13.
Pembelajaran diselesaikan tepat waktu





C. KEGIATAN PENUTUP




1.
Guru membimbing peserta didik membuat rangkuman hasil pembelajaran




2.
Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.




          Skor perolehan :        1 ´ ...... = .......
                                        2 ´ ...... = .......
                                        3 ´ ...... = .......
                                        4 ´ ...... = .......
                            Jumlah skor    = ...........
          Skor ideal 18 ´ 4 = 72
          Nilai perolehan          =
                                      =      
                                      = ………….
Saran Pembinaan:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................

Supervisor,



(...............................................)
NIP ........................................
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,



(...............................................)
NIP ........................................

Mengetahui;
Kepala sekolah,



H.M. SIBAWAEH, S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036
Daftar Pertanyaan Setelah Observasi (Pasca Observasi)
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Bagaimana pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?

2.
Apakah proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?

3.
Dapatkah Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses pembelajaran tadi?

4.
Bagaimana perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?

5.
Apa yang menjadi kesulitan siswa?

6.
Apa yang menjadi kesulitan Saudara dalam menyajikan materi ini?

7.
Adakah alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?

8
Marilah bersama-sama kita identifikasi hal hal yang telah mantap dan hal-hal yang perlu peningkatan ,berdasarkan kegiatan yang baru saja sudara lakukan dan pengamatan saya.

9.
Dengan demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?


Kesan umum:




Saran:







       


Instrumen Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
Nama Guru         :...................................
Mata Pelajaran   :...................................
Kelas/semester   :...................................

Hasil Skor
Catatan Khusus
Tindak Lanjut
Realisasi Tindak lanjut
Kualitatif
Kuantitatif














(hal-hal yang masih kurang dan perlu ditingkatkan lagi)











Supervisi lanjutan dengan kompetensi dasar selanjutnya.
             
Mengetahui;
Kepala sekolah,



H.M. SIBAWAEH, S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036

Supervisor,



(...............................................)
NIP ........................................

Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,



(...............................................)
NIP ........................................


2 komentar:

  1. Semoga bermanfaat dan mohon tinggalkan pesan... Terimakasih.

    BalasHapus
  2. Tinggal Ctrl+A n Copy.. Paste ke Microshop Office Word.. Jadi..

    BalasHapus