INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
1. Nama sekolah : ………………………………………………………
2. Nama guru : ………………………………………………………
3. Mata pelajaran : ………………………………………………………
4. Kelas/semester : ………………………………………………………
5. Hari/tanggal/jam ke : ………………………………………………………
6. Kompetensi Dasar : ………………………………………………………
7. Jumlah peserta
didik : ……… orang, hadir : ……… orang,
tidak hadir : ……. orang
Lembar Observasi
No
|
Butir-butirAmatan
|
Keterlaksanaan
|
Catatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
A
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
|
|
|
Mengondisikan suasana
pembelajaran yang menyenangkan.
|
|
|
|
|
Mendiskusikan kompetensi yang
sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang
akan dipelajari dan dikembangkan.
|
|
|
|
|
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
|
|
|
Menyampaikan garis besar cakupan
materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
|
|
|
|
|
Menyampaikan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan.
|
|
|
|
B
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
1
|
Pengelolaan Pembelajaran
|
|
|
|
|
a. Guru membantu siswa membentuk kelompok.
|
|
|
|
|
b. Guru membimbing siswa dalam kerja
kelompok.
|
|
|
|
|
c. Guru menguasai materi pelajaran.
|
|
|
|
|
d. Melaksanakan pembelajaran yang
menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik.
|
|
|
|
|
e. Guru memulai dan mengakhiri
proses pembelajaran tepat waktu.
|
|
|
|
|
f.
Guru membantusiswamendefinisikandanmengorganisasikantugas
yang akandilakukan.
|
|
|
|
|
g. Guru menggunakan bahasa yang baik
dan benar.
|
|
|
|
|
h. Guru mendorongsiswauntukmemanfaatkansumberbelajar yang ada di sekolahmaupun
di luarsekolah.
|
|
|
|
|
i. Guru
memanfaatkan teknologi dan Informasi.
|
|
|
|
2
|
Penerapan Pendekatan/Model Pembelajaran*)
|
|
|
|
|
Pendekatan Saintifik
|
|
|
|
|
a. Memfasilitasi peserta didik
untuk mengamati.
|
|
|
|
|
b. Memancing/memfasilitasi peserta didik untuk merumuskan pertanyaan.
|
|
|
|
|
c. Menfasilitasi peserta didik dalam
mengumpulkan informasi/mencoba.
|
|
|
|
|
d. Memfasilitasi peserta didik dalam
mengolah/menganalisis informasi untuk
membuat kesimpulan.
|
|
|
|
|
e. Menfasilitasi dan menyajikan
kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan
ketrampilan yang diperolehnya.
|
|
|
|
|
f. Menfasilitasi peserta didik untuk
melakukan kegiatan mencipta.
|
|
|
|
|
Discovery Learning
|
|
|
|
|
a.
Melaksanakan tahap 1
Persiapan.
|
|
|
|
|
b.
Melaksanakan tahap 2
Stimulasi/pemberian rangsangan.
|
|
|
|
|
c.
Melaksanakan tahap 3
Identifikasi masalah.
|
|
|
|
|
d.
Melaksanakan tahap 4
Mengumpulkan data.
|
|
|
|
|
e.
Melaksanakan tahap 5
Pengolahan data.
|
|
|
|
|
f.
Melaksanakan tahap 6
Pembuktian.
|
|
|
|
|
g.
Melaksanakan tahap 7
Menarik kesimpulan.
|
|
|
|
|
Problem-based Learning
|
|
|
|
|
a. Melaksanakan tahap 1 Orientasi
terhadap masalah
|
|
|
|
|
b. Melaksanakan tahap 2 Organisasi
belajar
|
|
|
|
|
c. Melaksanakan tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
|
|
|
|
d. Melaksanakan tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
|
|
|
|
|
e. Melaksanakan tahap 5 Analisis
dan evaluasi proses penyelesaian masalah
|
|
|
|
Project-based Learning
|
|
|
|
|
|
a. Melaksanakan tahap 1 Penentuan
projek
|
|
|
|
|
b. Melaksanakan tahap 2
Perancangan langkah-langkah penyelesaian projek
|
|
|
|
|
c. Melaksanakan tahap 3 Penyusunan
jadwal pelaksanaan projek
|
|
|
|
|
d. Melaksanakan tahap 4
Penyelesaian projek dengan fasilitasi dan monitoring guru
|
|
|
|
|
e. Melaksanakan tahap 5 Penyusunan
laporan dan presentasi/publikasi hasil projek
|
|
|
|
|
f. Melaksanakan tahap 6 Evaluasi
proses dan hasil projek
|
|
|
|
|
Inquiry Learning
|
|
|
|
|
a.
Melaksanakan tahap 1 Orientasi
|
|
|
|
|
b.
Melaksanakan tahap 2 Merumuskan masalah
|
|
|
|
|
c.
Melaksanakan tahap 3 Merumuskan hipotesis
|
|
|
|
|
d.
Melaksanakan tahap 4 Mengumpulkan data
|
|
|
|
|
e.
Melaksanakan tahap 5 Menguji hipotesis
|
|
|
|
|
f.
Melaksanakan tahap 6 Merumuskan kesimpulan
|
|
|
|
3
|
Pelaksanaan Penilaian
|
|
|
|
|
a. Melaksanakan Penilaian/
Pencatatan Perkembangan Sikap
|
|
|
|
|
b. Melaksanakan Penilaian
Pengetahuan
|
|
|
|
|
c. Melaksanakan Penilaian
Ketrampilan
|
|
|
|
C
|
Kegiatan Penutup
|
|
|
|
1
|
Menfasilitasi dan membimbing
peserta didik untuk membuat rangkuman/simpulan kegiatan pembelajaran.
|
|
|
|
2
|
Melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
|
|
|
|
3
|
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
|
|
|
4
|
Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
|
|
|
|
5
|
Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
Supervisor,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mengetahui;
Kepala sekolah,
H.M. SIBAWAEH,
S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036
|
INSTRUMEN PERENCANAAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN (K-2013)
1.
Nama
Guru : ……………………………..
2.
Sekolah : ……………………………..
3.
Kelas/Semester : ……………………………..
4.
Mata
pelajaran : ……………………………..
5.
Kompetensi
Inti : ……………………………..
6.
Kompetensi
Dasar : ……………………………..
7.
Hari
tanggal : ……………………………..
Lembar
Pengamatan pra Observasi
No.
|
Komponen
|
Target
|
Indikator
|
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
|
A.
|
Identitas Mata
Pelajaran/
Tema
|
Menuliskan identitas
dengan lengkap
|
1. Menuliskan
nama sekolah
2. Menuliskan
mata pelajaran
3. Menuliskan
kelas dan semester
4. Menuliskan
alokasi waktu
|
|
B.
|
Kompetensi Inti
|
Menuliskan KI dengan
lengkap dan benar
|
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar
|
|
C.
|
Kompetensi Dasar
|
Menuliskan KD dengan
lengkap dan benar
|
Menuliskan KD (dengan lengkap dan benar)
|
|
.
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Menyusun indikator yang
layak
|
1.
Merumuskan
indikator yang mencakup kompetensi pengetahuan,
keterampilan, dan sikap sesuai dengan KD
2.
Menggunakan kata kerja operasional relevan dengan KD yang dikembangkan
3.
Merumuskan
indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD
|
|
E.
|
Materi Pembelajaran
|
Memilih materi pembelajaran yang sesuai
|
1.
Memilih
materi pembelajaran reguler,
remedial dan pengayaan sesuai dengan kompetensi yang akan
dikembangkan
2.
Kedalaman
materi pembelajaran reguler,
remedial dan pengayaan sesuai kemampuan peserta didik
3.
Cakupan materi pembelajaran reguler,
remedial dan pengayaan sesuai dengan alokasi waktu dan sarana
pendukung
|
|
F.
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Merancang kegiatan
pembelajaran dengan pendekatan saintifik.
|
1. Merumuskan
kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup
2. Merancang
pengelolaan pembelajaran yang sistematis dan sistemik, memuat aktivitas-aktivas yang mengungkap
kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi,
mengomunikasikan, dan jika memungkinkan sampai dengan mencipta.
3. Merancang aktivitas pembelajaran yang
memfasilitasi tercapainya semua kompetensi (mengembangkan sikap, pengetahuan,
dan keterampilan)
4. Merumuskan aktivitas pembelajaran sesuai
dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana, dan media
pembelajaran
|
|
G.
|
Penilaian,
Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
|
Merancang kegiatan
penilaian, pembelajaran remedial, dan pengayaan
|
|
|
|
Penilaian
|
Merancang kegiatan
penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
1. Mencantumkan
teknik, bentuk, dan instrumen penilaian pada ranah sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan, dan keterampilan
2. Mencantumkan
teknik, bentuk, dan instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator
3. Menyusun
instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen
4. Mengembangkan
pedoman penskoran (termasuk rubrik) sesuai dengan instrumen
|
|
|
Pembelajaran Remedial
|
Merancang kegiatan pembelajaran
remedial
|
1. Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial
yang sesuai dengan
karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran
2. Menuliskan aktivitas kegiatan
pembelajaran remedial, yang dapat berupa:
·
pembelajaran
ulang,
·
bimbingan
perorangan
·
belajar
kelompok
·
tutor
sebaya
|
|
|
PembelajaranPengayaan
|
Merancang kegiatan pembelajaran pengayaan
|
1.
Merumuskan kegiatan
pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik,
alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran
2. Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang memuat perluasan/pendalaman materi pembelajaran dan/atau mempertinggi kompetensi
3. Menuliskan aktivitas kegiatan
pembelajaran pengayaan, yang bisa berupa:
·
Proyek,
yang meliputi perencanaan, pembuatan produk, pelaporan
·
Mengerjakan
soal-soal yang menuntut
kemampuan berpikir lebih tinggi
|
|
H.
|
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
|
Memilih dan memanfaatkanmedia/alat, bahan, dan sumber belajar secara
optimal
|
|
|
Supervisor,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mengetahui;
Kepala sekolah,
H.M. SIBAWAEH,
S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036
|
INSTRUMEN PERENCANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN (Pra Observasi)
1.
Nama Guru :
……………………………..
2.
Sekolah :
……………………………..
3.
Kelas/Semester :
……………………………..
4.
Mata pelajaran :
……………………………..
5.
Kompetensi Inti :
……………………………..
6.
Kompetensi Dasar : ……………………………..
7.
Hari tanggal :
……………………………..
No
|
URAIAN KEGIATAN
|
KRITERIA NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menentukan
identitas mata pelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Menentukan
kompetensi Inti
|
|
|
|
|
3.
|
Menentukan
kompetensi dasar
|
|
|
|
|
4.
|
Menentukan
indicator pencapaian kompetensi
|
|
|
|
|
5.
|
Menentukan
tujuan pembelajaran
|
|
|
|
|
6.
|
Menentukan
materi ajar
|
|
|
|
|
7.
|
Menentukan
alokasi waktu
|
|
|
|
|
8.
|
Menentukan
metode pembelajaran
|
|
|
|
|
9.
|
Menentukan
kegiatan pembelajaran
|
|
|
|
|
10.
|
Menentukan
penilaian hasil belajar
|
|
|
|
|
11.
|
Menentukan
sumber belajar
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang dicapai = …………………….
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum = 44
|
Klasifikasi
…………………….
|
|||
|
Nilai = …………………….. %
|
![](file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.gif)
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Supervisor,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mengetahui;
Kepala sekolah,
H.M. SIBAWAEH,
S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036
|
INSTRUMEN OBSERVASI KELAS
1. Nama sekolah : ………………………………………………………
2. Nama guru : ………………………………………………………
3. Mata pelajaran : ………………………………………………………
4. Kelas/semester : ………………………………………………………
5. Hari/tanggal/jam ke : ………………………………………………………
6. Kompetensi dasar : ………………………………………………………
7.
Jumlah peserta didik :
……… orang, hadir : ……… orang, tidak hadir : ……. Orang
No
|
ASPEK PENGAMATAN
|
KRITERIA NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
A.
KEGIATAN AWAL
|
|
|
|
|
1.
|
Membuka
pelajaran dengan salam
|
|
|
|
|
2.
|
Guru memberi apersepsi dan motivasi
|
|
|
|
|
3.
|
Guru memberitahu kompetensi yang akan dicapai (tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
|
|
B.
KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
1.
|
Guru
tampak menguasai materi pembelajaran (materi pembelajaran disampaikan dengan
jelas)
|
|
|
|
|
2.
|
Guru mengelola kelas dengan baik
|
|
|
|
|
3.
|
Metode/pendekatan yang digunakan variatif
|
|
|
|
|
4.
|
Guru menggunakan alat bantu/media
pembelajaran (alat peraga, peta, OHP, kaset & tape recorder, komputer
& LCD, CD interaktif, dsb)
|
|
|
|
|
5.
|
Guru
berperan sebagai fasilitator dalam membantu mengatasi kesulitan peseta didik
|
|
|
|
|
6.
|
Guru
menggunakan teknik bertanya dengan bahasa yang baik dan benar
|
|
|
|
|
7.
|
Guru
mendorong peserta didik untuk memanfaatkan teknologi informasi (komputer,
internet)
|
|
|
|
|
8.
|
Peserta
didik berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
9.
|
Pada kegiatan pembelajaran nampak ada proses :
eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi
|
|
|
|
|
10.
|
Peserta didik tampak ceria dan antusias dalam belajar
|
|
|
|
|
11.
|
Ada penilaian untuk mengetahui pencapaian kompetensi
(ketercapaian tujuan pembelajaran)
|
|
|
|
|
12.
|
Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP
|
|
|
|
|
13.
|
Pembelajaran diselesaikan tepat waktu
|
|
|
|
|
|
C. KEGIATAN
PENUTUP
|
|
|
|
|
1.
|
Guru membimbing peserta didik
membuat rangkuman hasil pembelajaran
|
|
|
|
|
2.
|
Guru memberi tugas untuk pertemuan berikutnya.
|
|
|
|
|
Skor
perolehan : 1 ´ ...... = .......
2
´ ...... = .......
3
´ ...... = .......
4
´ ...... = .......
Jumlah
skor = ...........
Skor ideal 18 ´ 4 = 72
Nilai
perolehan = ![](file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
![](file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.gif)
=
![](file:///C:/Users/ACER/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image005.gif)
= ………….
Saran
Pembinaan:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Supervisor,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mengetahui;
Kepala sekolah,
H.M. SIBAWAEH,
S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036
|
Daftar
Pertanyaan Setelah Observasi (Pasca Observasi)
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Bagaimana
pendapat Saudara setelah menyajikan pelajaran ini?
|
|
2.
|
Apakah
proses pembelajaran sudah sesuai dengan yang direncanakan?
|
|
3.
|
Dapatkah
Saudara menceritakan hal-hal yang dirasakan memuaskan dalam proses
pembelajaran tadi?
|
|
4.
|
Bagaimana
perkiraan Saudara mengenai ketercapaian tujuan pembelajaran?
|
|
5.
|
Apa
yang menjadi kesulitan siswa?
|
|
6.
|
Apa
yang menjadi kesulitan Saudara dalam menyajikan materi ini?
|
|
7.
|
Adakah
alternatif lain untuk mengatasi kesulitan Saudara?
|
|
8
|
Marilah
bersama-sama kita identifikasi hal hal yang telah mantap dan hal-hal yang
perlu peningkatan ,berdasarkan kegiatan yang baru saja sudara lakukan dan
pengamatan saya.
|
|
9.
|
Dengan
demikian, apa yang akan Saudara lakukan untuk pertemuan berikutnya?
|
|
|
Kesan
umum:
Saran:
|
|
Instrumen
Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik
Nama Guru :...................................
Mata
Pelajaran :...................................
Kelas/semester :...................................
Hasil Skor
|
Catatan Khusus
|
Tindak Lanjut
|
Realisasi Tindak lanjut
|
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
|||
|
|
|
(hal-hal
yang masih kurang dan perlu ditingkatkan lagi)
|
Supervisi lanjutan dengan kompetensi dasar selanjutnya.
|
Mengetahui;
Kepala sekolah,
H.M. SIBAWAEH,
S.Pd
Pembina Tk.I (IV/b)
NIP. 19641231 198412 1 036
|
Supervisor,
(...............................................)
NIP ........................................
|
Mataram, ..................................
Guru yang disupervisi,
(...............................................)
NIP
........................................
|
Semoga bermanfaat dan mohon tinggalkan pesan... Terimakasih.
BalasHapusTinggal Ctrl+A n Copy.. Paste ke Microshop Office Word.. Jadi..
BalasHapus