Selasa, 28 November 2017

PROGRAM KERJA WAKIL KEPALA SEKOLAH HUMAS

PROGRAM KERJA
WAKIL KEPALA SEKOLAH
URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT
(HUMAS)



SMP NEGERI 20 MATARAM
Tahun Pelajaran 2015/2016





Kepala SMP Negeri 20 Mataram,




P A A T, S.Pd
NIP. 19551231 197803 1 118
Mataram, 01 Agustus 2015
Wakil Kepala Sekolah
Urusan Hubungan Masyarakat,




FAOZAN, S.Ag
NIP. 19721231 200604 1 115





KATA PENGANTAR

Puji syukur hanyalah kepada Allah SWT. Yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq hidayah-Nya kepada kita semua khususnya keluarga besar SMP Negeri 20 Mataram sehingga Program Kerja Wakil Kepala Sekolah urusan Hubungan Masyarakat (Humas) ini dapat terwujud.
Program Kerja ini dibuat untuk dapat dijadikan pedoman penyelenggaraan pendidikan dalam proses hubungan yang sesuai dengan melalui musyawarah Tenaga Edukatif, Administratif, dan Komite Sekolah.
Sesuai dengan definisi tugas dan tanggung jawab yang tercantum  dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan. Pada bagian B tentang Pelaksanaan Rencana, pointer 9 berisi Kerja Budaya dan Lingkungan Sekolah dan pointer 10 berisi Peran serta Masyarakat dan Kemitraan Sekolah.
Akhirnya ucapan terima kasih selayaknya disampaikan kepada semua pihak yang telah bekerja secara optimal dalam penyusunan Program Kerja ini. Semoga Allah SWT. Tetap memberikan petunjuk agar mutu pendidikan di SMP Negeri 20 Mataram  ini semakin meningkat sehingga dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat dan bangsa melalui para out put dan out comes nya. Amien.




Mataram, 01 Agustus 2015
Wakil Kepala Sekolah
Urusan Hubungan Masyarakat,




FAOZAN, S.Ag
NIP. 19721231 200604 1 115








DAFTAR ISI



Halaman
Lembar Penetapan ....................................................................................... ..    
Kata Pengantar ............................................................................................ ..    
Daftar Isi ..................................................................................................... ..    
BAB    I         PENDAHULUAN
1.1            Dasar Pemikiran .....................................................
1.2            Landasan Program ................................................
1.3            Tujuan dan sasaran Program .................................
1.4            Ruang Lingkup Bidang Kerja  Humas...................      
BAB    II       PROFIL SEKOLAH
2.1         Identitas sekolah ...................................................
2.2         Visi, Misi dan Tujuan Sekolah................................
2.3         Keadaan Siswa .....................................................
2.4         Keadaan Guru dan Karyawan...............................
2.5         Daftar Guru dan Karyawan .................................
2.6         Sarana dan Prasana Sekolah ...............................
BAB    III      INDIKATOR KEBERHASILAN INTELETUAL,
                      EMOTIONAL, SPIRITUAL, QOUTIENT
                      DALAM UPAYA PENCAPAIAN TARGET
                      DARI VISI, MISI SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH
3.1         Indikator Emotional Qoutient..................................
3.2         Spiritual Qoutient  .................................................
3.3         Intelektual Qoutient  .................................................... .   
BAB    IV       PROGRAM KERJA HUMAS
4.1         Target Bidang Humas ...........................................
4.2         Program Kerja Humas ..........................................
4.3         Rencana Kerja/Action Plan ..................................
BAB    V       PENUTUP
6.1            Kesimpulan..........................................................
6.2            Penutup.................................................................

LAMPIRAN – LAMPIRAN
F  SK Kepala Sekolah tentang Pembagian Tugas Pokok dan Tambahan
Tahun Pelajaran 2015/2016
F  Struktur Organigram Sekolah
F  Struktur Organigram Komite Sekolah
F  dll




BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Dasar Pemikiran
Dengan semakin kompleksnya manajemen Sekolah yang selalu berkembang dan padatnya kegiatan kepemimpinan di sekolah, maka semakin banyak pula masalah-masalah yang perlu penanganan, dan melibatkan warga sekolah, baik guru, orang tua, karyawan, siswa mapun pemerintah setempat  sama-sama menyadari perlunya terobosan-terobosan yang positif agar mampu meningkatkan nilai jual sekolah, meningkatnya kepercayaan masyarakat dan semakin kondusifnya kegiatan belajar mengajar sehingga akan menghasilkan lulusan yang baik dan bisa menempati perguruan-perguruan ternama seperti yang diharapkan oleh masyarakat.
Keterlibatan seluruh warga sekolah Civitas keluarga besar SMP Negeri 20 Mataram serta masyarakat yang peduli akan pendidikan, serta saling mengisi diantara kelebihan dan kekurangan yang ada akan menjadikan kegiatan proses belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan efektif, masyarakat merasa memiliki dan merasakan manfaat dengan adanya sekolah yang berada dilingkungannya.
Dalam hal ini wakil kepala sekolah sebagai perantara hubungan dengan masyarakat tidak mungkin dapat bekerja sendiri tanpa ada kerja sama dengan berbagai pihak, Humas menjadi unsur penyambung komunikasi dengan berbagai pihak dan berbagai kegiatan informasi-informasi yang berhubungan dengan kinerja guru, pembuatan perangkat guru, dengan orang tua siswa, dengan dinas instansi  dan berbagai permasalahan yang dengan tepat bersama kepala sekolah dan unsur pimpinan yang lain saling bekerja sama dalam menjalankan kepemimpinan disekolah.
Semua warga sekolah, warga masyarakat dan tokoh-tokoh pemerintah daerah setempat selalu bekerja sama untuk kemajuan pendidikan di daerah tersebut, karena kita juga menyadari bahwa tidak semua peserta didik mampu untuk mencukupi kebutuhan sekolah sehari-hari, buku, alat tulis dan buku-buku paket lain untuk belajar sehari-hari. Terobosan-terobosan baru, kerjasama dengan berbagai pihak dan menggali informasi-informasi untuk bea siswa, BKM maupun bantuan-bantuan lain. Sehingga bagi yang kurang mampu dapat terus bisa bersekolah.
Bagaimanapun juga sekolah tidak bisa terlepas dari lingkungan masyarakat dimana sekolah tersebut berada, hubungan harus tetap dibina dengan baik, kultur dan budaya masyarakat tidak boleh bersinggungan. Bantuan dan silaturahmi dengan warga setempat, harus terus dibina, sumbangan dan santunan bagi masyarakat sekitar yang kurang mampu, adanya musibah, kematian dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya terus dibina sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh sekolah.
Kerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat, Kepala Lingkungan, Kepala Kelurahan sangat diperlukan dan ditingkatkan lagi karena dengan kerjasama yang baik dan saling pengertian maka akan terciptanya kondisi yang tertib, keamanan terjaga dan situasi selalu kondusif karena masyarakat merasa ikut memiliki dan peduli dengan keberadaan sekolah tersebut.
Bekerja sama dengan komite sekolah untuk mencari solusi-solusi yang terbaik bagi peningkatan mutu pendidikan, menggalang dana, dan mencari terobosan-terobosan dana untuk menunjang program sekolah yang telah dispakati bersama dalam rapat-rapat Komite, sehingga masyarakat tidak merasa terbebani dengan pembiayaan sekolah dalam upaya peningkatan sekolah yang berkualitas dan menghasilkan lulusan yang dapat bersaing di era globalisasi.
Dengan Perguruan-perguruan tinggi kerjasama juga terus ditingkatkan agar mampu menambah wawasan yang luas bagi peserta didik, penempatan mahasiswa PPL dari perbagai perguruan tinggi, kunjungan-kunjungan ke Perguruan tinggi, penandatangan MoU saling pengertian merupakan bentuk kerjasama yang terus ditingkatkan sehingga mampu menciptakan generasi yang berpikir rasional dan ilmiah dalam kehidupn dimasyarakat nantinya.

1.2       Landasan Program
1)             Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,
2)             Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1980 Tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil,
3)             Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
4)             Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Antara Pemerintah, Pemerintahan Daerah Provinsi, Dan Pemerintahan Daerah Kabupaten/ Kota,
5)             Peraturan Pemerintah RI Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah,
6)             Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang standar Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan,
7)             Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 135/U/2004 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Pendidikan,
8)             Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor  044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah,
9)             Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Organisasi Tata Kerja Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah,
10)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 22, 23, dan 24 tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Petunjuk pelaksanaannya serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor Nomor 6 Tahun 2007 Perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor No 24 Tahun 2006,
11)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 22, dan 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Pelaksanannya, dan telah diubah dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nomor: 47 Tahun 2008;
12)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 8 Tahun 2007 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
13)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 12 tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah,
14)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007 tentang Kepala Sekolah,
15)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru,
16)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 18 tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan,
17)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan,
18)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan,
19)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana,
20)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses,
21)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 48 Tahun 2007 tentang Standar Pendanaan,
22)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 50 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan oleh Pemerintah Daerah,
23)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 24 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah,
24)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah,
26)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Konselor,
27)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 12 Tahun 2009 tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi SMP/Mts
28)         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 69 tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan
29)         Buku Pedoman Umum Penyelenggaraan Administrasi Sekolah ,
30)         Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2015/2016.
31)         Keputusan Rapat Kerja Guru, Staf Tata Usaha Sekolah.
32)         Keputusan Rapat Komite Sekolah.

1.3       Tujuan dan sasaran Program
Ruslan (2006) mengatakan bahwa humas merupakan mediator yang berada di antara pimpinan organisasi dengan publiknya. Selanjutnya, ia mengatakan bahwa aktivitas tugas humas adalah mengelola komunikasi antara organisasi dengan publiknya. Jadi dapat dikatakan bahwa humas (public relation) adalah aktivitas yang menghubungkan antara organisasi dengan masyarakat (public) demi tercapaianya tujuan organisasi dan harapan masyarakat dengan produk yang dihasilkan.
Berdasar pengertian tersebut, maka maksud disusunnya program kerja Wakil Kepala Sekolah urusan Hubungan Masyarakat adalah mampu untuk menjembatani keterlibatan seluruh anggota masyarakat sekolah, guru, karyawan, siswa, orang tua, lingkungan, perguruan tinggi dan lembaga pemerintah dan swasta untuk ikut peduli dalam mengoptimalkan kemampuan dan kerja sama sesuai dengan kemampuannya masing-masing, dan membntu kepala sekolah dalam kegiatan pengelolaan sekolah.
Adapun tujuan dari program kerja Wakil Kepala Sekolah urusan hubungan masyarakat adalah
1)             Meningkatkan kerja sama antar warga sekolah.
2)             Meningkatkan kerja sama antara sekolah dengan masyarakat sekitar sehingga masyarakat merasa memiliki dan tanggung jawab keberadaan sekolah.
3)             Meningkatkan kerjasama dengan tokoh-tokoh masyarakat, komite sekolah sehingga bersama-sama berperan aktif dengan maju mundurnya sekolah.
4)             Menjalin kerjasama dengan alumni
5)             Menjaga keharmonisan hubungan dengan masyarakat sekitar sehingga keamanan sekolah dapat terpelihara dengan baik.
6)             Meningkatkan dan menumbuh kembangkan jiwa persaudaraan, kebangsaan dan persatuan .
7)             Bersama dengan BP/BK Menjalin hubungan dengan perguruan-perguruan tinggi untuk meningkatkan wawasan peserta didik.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dari program ini adalah terjalinnya hubungan baik antar anggota masyarakat sekolah, masyarakat umum, lingkungan, komite, perguruan tinggi, Dunia usaha dan Industri, tokoh-tokoh masyarakat, alumni dan mendia massa sehingga terciptanya hubungan yang harmonis dan terjalin rapi serta saling pengertian pada tahun pelajaran 2015/2016.

1.4   Ruang Lingkup Bidang Kerja  Humas
Ruang Lingkup bidang kerja  Humas di sekolah ini adalah dapat dikelompokkan dalam beberapa bidang yang meliputi:
1)             Koordinasi dengan Kepala sekolah dan unsur pimpinan lain.
2)             Kerjasama dengan BP/BK dalam menangani masalah kemampuan, minat dan kekeluargaan.
3)             Kerjasama dengan warga sekolah
4)             Kerjasama dengan tokoh masyarakat
5)             Kerja sama dengan aparat pemerintahan Kelurahan
6)             Menjalin silaturahmi antar Alumni
7)             Kerjasama dengan perguruan tinggi tentang kemajuan pendidikan
8)             Mengembangkan persaudaraan  dengan lingkungan yang harmonis.
9)             Menjalin kerjasama dengan Kantin sekolah, pengurus OSIS tentang kebersihan lingkungan.

Disamping hal-hal tersebut diatas waka Humas melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai berikut ;
1)             Melakukan Koordinasi secara  Kontinue dengan semua unsur pimpinan dan Tata Usaha.
2)             Menerima tamu umum yang berkaitan dengan tugas kehumasan.
3)             Penyampaian informasi terkait dengan Sertifikasi, Libur Sekolah dan informasi-informasi lain yang ada kaitannya dengan guru dan persekolahan.
4)             Menuliskan berbagai informasi dipapan pengumuman guru kaitannya dengan rapat dinas, rapat awal tahun,  rapat kelulusan, rapat akhir tahun dan kenaikan kelas.
5)             Mempersiapkan agenda rapat, dan menyampaikan guru yang tidak hadir pada saat belajar kepada guru piket.
6)             Mempersiapkan pertemuan-pertemuan dengan pengurus komite, jika ada hal yang perlu dibicarakan
7)             Melakukan Home  visit bersama BP/BK, Wali Kelas, jika ada siswa yang sakit, atau siswa yang jarang masuk sekolah.




BAB II
PROFIL SEKOLAH


1.      Nama Sekolah                                           : SMP NEGERI 20 MATARAM                           
2.      Alamat :    Jalan / Desa                             : Jl. Lalu Mesir Turida                                                
Kec. / Kab. / Kota                   : Sandubaya / Kota Mataram                                     
No. Telp. / HP.                        : (0370) 673920                                                          
3.      Nama Yayasan                                          : –                                                                               
4.      NSS / NPSN                                             : 201236003031 / 50219508                                      
5.      Jenjang Akreditasi                                                : A                                                                              
6.      Tahun Didirikan                                        : 2006                                                                         
7.      Tahun Beroperasi                                      : 2006                                                                         
8.      Kepemilikan Tanah                                   : Pemerintah/Yayasan/Pribadi/Menyewa/Menumpang          
a.       Status Tanah                                       : SHM / HGB / Hak Pakai / Akta Jual Beli / Hibah   
b.      Luas Tanah                                          : 12.500           m2                                                                         
9.      Status Bangunan Milik                             : Pemerintah/Yayasan/Pribadi/Menyewa/Menumpang          
10.  Luas Seluruh Bangunan                            : 1.957,37        m2                                                                         
11.  Pendirian Sekolah                                     : Peraturan Wali Kota Mataram No. 20 Tahun 2009  
12.  No. Rekening Sekolah                              : 0012106042005        atas nama SMPN 20 Mataram
              Bank  NTB               Cabang / Unit  Mataram        

13.  Data Siswa dalam 5 (lima) tahun terakhir :
Tahun Pelajaran
Jml Pendaftar (Calon Siswa Baru)
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX
Jumlah
(Kls VII+VIII+IX)
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
Jml Siswa
Jml Rombel
2010/2011
160 orang
143 org
4 rombel
196 org
5 rombel
163 org
4 rombel
502 org
13 rombel
2011/2012
136 orang
117 org
4 rombel
144 org
5 rombel
181 org
4 rombel
442 org
13 rombel
2012/2013
140 orang
130 org
4 rombel
131 org
4 rombel
130 org
5 rombel
391 org
13 rombel
2013/2014
168 orang
113 org
4 rombel
125 org
4 rombel
106 org
4 rombel
344 org
12 rombel
2014/2015
161 orang
105 org
4 rombel
111 org
4 rombel
119 org
4 rombel
335 org
12 rombel

14.  Data Sarana dan Prasarana                  :
A.  Data Sarana
Ruang
Jml Ruang
Luas
(M2)
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Berat
Ket.
1.   R. Belajar
13
7 X 9 M2
13 Rg
-
-
-
2.   R. Kepsek
1
6 X 7 M2
1 Rg
-
-
-
3.   R. Tata Usaha
1
6 X 7 M2
1 Rg
-
-
-
4.   R. Guru
1
8 X 12 M2
1 Rg
-
-
-
5.   R. Lab. IPA
1
8 X 12M2
1 Rg
-
-
-
6.   R. Perpustakaan
1
7 X 9 M2
1 Rg
-
-
-
7.   R. BP/BK
1
7 X 9 M2
1 Rg
-
-
-
8.   Mushola/Imtaq
1
11 X 11 M2
1 Rg
-
-
-
9.   R. OSIS
1
3 X 5 M2
1 Rg
-
-
-
10. R. Kurikulum
1
3 X 5 M2
1  Rg
-
-
-
11. R. UKS
1
3 X 5 M2
1  Rg
-
-
-
12. WC Guru / Pegawai
2
3 X 5 M2
2  Rg
-
-
-
13. WC Kepsek
1
3 X 5 M2
1  Rg
-
-
-
14. WC Siswa
5
3 X 5 M2
5 Rg
-
-
-
15. Lab. TIK
1
8 X 12 M2
1  Rg
-
-
-
16. Lab. Bahasa
1
8 X 12 M2
1  Rg
-
-
-
17. Kantin
1
4 X 6 M2
1 Rg
-
-
-
18. Gudang
1
3 X 5 M2
1 Rg
-
-
-
19. Dapur
1
1,50 X 3 M2
1 Rg
-
-
-


  1.  Prasarana     :
1.  Laboratorium IPA

Nama Barang
JML. Satuan
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Berat
Ket.
IPA BIOLOGI






1.   Kit Mekanik
1
Paket
V



2.   Kit Hidrostatika
1
Paket
V



3.   Kit Optika
1
Paket
V



4.   Kit Listrik dan Magnet
1
Paket
V



5.   Alat – Alat Umum Fisika
1
Paket
V



6.   Alat – Alat IPA Biologi
1
Paket
V




2.  Laboratorium TIK

Nama Barang
JML. Satuan
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Berat
Ket.
1.   Komputer
6
Set
V


















3.  Laboratorium Bahasa

Nama Barang
JML. Satuan
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Berat
Ket.
1.   Komputer
19
Set
V



2.   LCD
1
Set
V



3.  AC
2
Set
V








4.  Ruang TU

Nama Barang
JML. Satuan
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Berat
Ket.
1.   TV 29’
1
Buah
V



2.   Resifer Parabola
1
Buah

V


3.   LCD
1
Buah
V



4.   Warles
1
Buah
V



5.   Komputer
3
Set
V



6.   Printer
3
Buah
V



7.   Laptop
1
Buah
V



8.   Amplifayer
1
Buah
V



9.   Mesin Ketik
1
Buah

V










5.  Ruang Guru

Nama Barang
JML. Satuan
Baik
Rusak
Ringan
Rusak
Berat
Ket.
1.   TV  29’
1
Buah
V


















6.    Data Guru dan Pegawai                          :

No
Jumlah Guru / Pegawai
Bagi SMP Negeri
Bagi SMP Swasta
Keterangan
1.
Guru Tetap (PNS / Yayasan)
18 orang


2.
Guru Tidak Tetap (GTT)
a.     GTT Murni
b.     Guru Honda

14 orang
- orang



Jumlah GT / GTT / Guru Honda
32 orang


3.
Guru PNS Diperbantukan
-


4.
Pegawai Tetap (PNS/Yayasan)
2 orang


5.
Pegawai Tidak Tetap (PTT)
a.      Pegawai Tidak Tetap Murni
b.     Pegawai Honda

8 orang
- orang



Jumlah PT / PTT / Pegawai Honda
10 orang



A.   Keadaan Guru
Bidang Studi
Ijazah Tertinggi
Jml.
Guru Tetap
G T T

S2
S1
D1/D2/D3
SLTA

L
P
L
P
Matematika

4


4
2
1

1
Bhs. Indonesia

3


3

1

2
I P A

2
1

3

3


I P S

2


2

2


Bhs. Inggris

3


3
1
2


Penjaskes

1


1
1



Agama Islam

2


2
1

1

Agama Hindu

1


1



1
Mulok

5


5


1
4
K T K

2


2

1

1
PKn

3


3
1


2
TIK



1
1


1

BP/BK

2


2

2


Jumlah

30
1
1
32
6
12
3
11

B.  Keadaan Pegawai ( Tenaga Kependidikan )
Tenaga Pendukung
Ijasah Tertinggi
Jml.
PNS
PTT
Jml.

SD
SMP
SMA
D3
S1

L
P
L
P

Tata Usaha


2
1
3
6
2

3
1
6
Perpustakaan




1
1



1
1
Bag. Kebersihan


1


1


1

1
Tukang Kebun

1



1


1

1
Penjaga Sekolah
1




1


1

1
Satpam











Lab. IPA











Jumlah
1
1
3
1
4
10
2

6
2
10


  1. Visi dan Misi  :
a.      Visi Sekolah
         “ Beriman dan Bertaqwa, Berprestasi,  Mandiri dan Berpotensi  Dalam Penguasaan IPTEK “
Indikator visi diatas adalah :
                                          1.      Berprestasi dalam peningkatan Skor GSA ( Gain Score Achievement ) Rentang Nilai Kemajuan Belajar. 
                                          2.      Berprestasi dalam meningkatkan nilai Ujian Nasional
                                          3.      Berprestasi dalam meningkatkan kualitas guru melalui pelatihan MGMP Sekolah
                                          4.      Berprestasi dalam meningkatlkan tata tertib.
                                          5.      Berprestasi dalam kegiatan Ekstrakurikuler.
                                          6.      Berprestasi dalam Imtaq
                                          7.      Tersedianya kualitas sarana dan prasarana yang baik dan memadai.

b.       Misi Sekolah
SMP Negeri 20 Mataram menyiapkan peserta didik menjadi generasi yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk terciptanya masyarakat yang maju dan religius.
Dalam penjabarannya SMP Negeri 20 Mataram Mengemban misi :
v  Melaksanakan perencanaan kurikulum satuan pendidikan yang mampu mengakomodasi kebutuhan peserta didik dalam masyarakat.
v  Melaksanakan pembelajaran dan penilaian yang efektif dan efisien
v  Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang mencakup pengembangan kompetensi dan pelestarian budaya.
v  Meningkatkan kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
v  Menyediakan sarana dan prasarana yang cukup memadai bagi keterlaksanaan pembelajaran
v  Melaksanakan pengelolaan manajemen yang berbasis sekolah
v  Menyediakan sumber pembiayaan yang melibatkan partisipasi masyarakat.
v  Mengoptimalkan pembelajaran, perbaikan dan pengayaan serta bimbingan secara efektif dan efesien sehingga setiap murid dapat berkembang secara optimal.
v  Membantu siswa untuk mengembangkan potensi diri dan menanamkan sifat kemandirian pada murid.
v  Menumbuhkan  motivasi berprestasi pada warga sekolah.
v  Menanamkan disiplin bagi warga sekolah.
v  Mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan Ekstrakurikuler.
v  Menumbuhkan pengamalan terhadap Agama yang dianut dan juga budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
v  Melaksanakan integrasi pembelajaran  budi pekerti pada semua mata pelajaran melalui kegiatan intra kurikuler dan esktra kurikuler serta menanamkan budi pekerti luhur, tata krama kehidupan sosial dan etika moral dalam praktek kehidupan sekolah yang agamis secara nyata dilakukan ( in action ).
v  Melaksanakan tata krama dan tata tertib kehidupan sosial sekolah secara tepat dan mengorganisasikan semua potensi sumber daya yang ada untuk membudayakan akhlak mulia dan budi  pekerti luhur dan mengevaluasi secara berkesinambungan serta memanfatkan hasilnya dalam kenaikan kelas dan penamatan murid.
v  Melaksanakan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan  Komite Sekolah



BAB III

INDIKATOR KEBERHASILAN INTELETUAL, EMOTIONAL, SPIRITUAL, QOUTIENT DALAM UPAYA PENCAPAIAN TARGET DARI VISI, MISI SEKOLAH

3.1       Indikator Emotional Qoutient
1.         Bertutur kata santun kepada siapapun, baik kepada guru, karyawan maupun sesama siswa,
2.         Hormat kepada orang tua, baik dirumah maupun di sekolah,
3.         Menghargai pendapat orang lain,
4.         Mendengarkan dengan seksama bila ada orang lain yang sedang mengutarakan pendapatnya, atau berbicara.
5.         Tidak mudah mencela pendapat orang lain, melainkan dengan mempertimbangkannya,
6.         Bersifat pemaaf dan pemohon maaf,
7.         Memberi kesempatan pada orang lain untuk berpendapat,
8.         Mengemukakan saran pendapat dengan baik dan benar kepada mereka yang mengharapkan santun dan tertib,
9.         Murah senyum dan sapa dalam silaturahmi,
10.     Tidak pemarah dan pendendam,
11.     Suka menolong dan bekerjasama dalam kebaikan,
12.     Tidak egois dalam bergaul,
13.     Menetralkan suasana dengan bijaksana,
14.     Murah memberikan kata-kata sanjungan terhadap yang berprestasi,
15.     Waspada namun bukan negatif tingking,
16.     Lebih banyak introspeksi diri dari pada menyalahkan orang lain.

3.2              Spiritual Qoutient
17.     Ayat Suci Al-Qur’an:
a.             Membaca Ayat Suci Al-Qur’an setiap hari sebelum belajar dikelas sebelum belajar secara bersama-sama,
b.             Menghafal surat-surat pendek,
18.     Setiap siswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar ,
19.     Membaca Asmaul Khusna setiap habis shalat Dhuhur di sekolah,
20.     Lomba tartil Al Qur’an antar kelas dan antar sekolah,
21.     Peringatan Hari Besar Agama oleh OSIS secara dialog interaktif dengan narasumber kehormatan,
22.     Pesantren Intensif dibulan Ramadhan diisi dengan kegiatan Buka puasa bersama dan shalat tarawih bersama,
23.     Shalat Dhuha, Shalat Dhuhur dilakukan di sekolah,
24.     Istigosah/mujahadah menjelang Ujian Nasional (Siswa, Guru, Orang tua),
25.     Latihan ber-Qurban dibulan Haji (Idul Adha),
26.     Beramal shadaqoh bagi mereka yang membutuhkan (Anak Yatim, Korban Bencana Alam, dll).
27.     Tidak akan mengambil barang yang bukan miliknya, karena yakin bahwa Allah Maha Melihat,
28.     Tidak akan membuang sampah sembarang, karena yakin bahwa kebersihan diri dan lingkungan adalah refleksi kita kepada Allah SWT,
29.     Tidak akan berkata bohong, karena yakin Allah Maha Mengetahui apapun yang ada didalam hatinya,
30.     Tidak akan berprilaku kotor terhadap lingkungan dimanapun berada, karena yakin bahwa Allah Maha Memperhitungkan terhadap setiap perbuatan manusia,
31.     Tidak akan membiarkan tanaman disekitarnya mati kekeringan karena tak pernah disiram, oleh karena itu yakin bahwa Allah Maha Bijaksana terhadap siapapun yang peduli terhadap kelestarian lingkungan.
32.     Selalu menutup aurat baik di sekolah maupun di luar sekolah.

3.3              Intelektual Qoutient
1.         Memperoleh nilai diatas KKM dari semua mata pelajaran,
2.         Kemampuan yang dimiliku mencakup affektifa nda physchomotoric,
3.         Memiliki peringkat di kelasnya dan kelas paralelnya,
4.         Mampu tampil di LLC mata pelajaran yang diadakan sekolah, maupun diluar sekolah,
5.         Menjadi siswa teladan/ berprestasi,
6.         Tidak pernah bermasalah dengan hasil evaluasi setiap mata pelajaran,
7.         Mengikuti lomba mata pelajaran baik yang diadakan sekolah maupun di luar sekolah
8.         Tidak bermasalah dalam proses perkenalan kelas,
9.         Lulus ujian dengan nilai baik,


BAB IV
PROGRAM KERJA

WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG HUMAS

TAHUN PELAJARAN 2015-2016


4.1 Dasar
  1. UU RI No 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS;
  2. UU No 22 Tahun 1999 Tentang Otonomi Daerah Pasal 11 Ayat 2;
  3. PP RI No 19 Tahun 2005 Tentang SNP Bab VIII Standar Pengelolaan Pasal 49 Ayat 1;
  4. PP No. 29 Bab XI pasal 27 ayat 1;
  5. Kalender Pendidikan SMP Negeri 35 Padang Tahun Pelajaran 2012/2013
  6. SK Kepala SMP Negeri 35 Padang tentang pembagian tugas guru sebagai Wakil Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2012/2013.

4.2 Jenis Kegiatan
1. Kegiatan Eksternal
Kegiatan ini selalu berhubungan atau ditujukan kepada instansi atasan dan masyarakat di luar sekolah. Ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan dalam hal ini yakni:
(1) Indirect act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui perantara media tertentu seperti misalnya: informasi lewat televisi, penyebaran informasi lewat radio, Internet/Website Sekolah. penyebaran informasi melalui media cetak, pameran sekolah dan berusaha independen dalam penerbitan majalah atau buletin sekolah.
(2) Direct act adalah kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat melalui tatap muka, misalnya: rapat bersama dengan komite sekolah, konsultasi dengan tokoh masyarakat, melayani kunjungan tamu dan sebagainya.
2. Kegiatan Internal
Kegiatan ini merupakan publisitas ke dalam, sasarannya adalah warga SMP Negeri 35 Padang yang bersangkutan yaitu para Guru, Staf Tata Usaha, dan Siswa. Kegiatan ini juga dapat dilakukan dengan dua kemungkinan yakni:
(1) Indirect act adalah kegiatan internal melalui penyampaian informasi melalui surat edaran; penggunaan papan pengumuman di sekolah; penyelenggaraan majalah dinding; menerbitkan buletin sekolah untuk dibagikan pada warga sekolah; pemasangan iklan/pemberitahuan khusus melalui mass media; dan kegiatan pentas seni.
(2) Direct act adalah kegiatan internal yang dapat berupa: rapat dewan guru; upacara sekolah; karyawisata/rekreasi bersama; dan penjelasan pada berbagai kesempatan.

4.3 Bentuk Operasional Humas SMP Negeri 20 Mataram
(1)  Di bidang Sarana Akademik
Tinggi rendahnya prestasi lulusan (kualitas maupun kuantitas), penelitian, karya ilmiah (lokal, nasional, internasiona), jumlah dan tingkat kesarjanaan pendidiknya, sarana dan prasarana akademik termasuk laboratorium dan perpustakaan atau PSB, Sumber belajar yang mutakhir serta teknologi instruksional yang mendukung PBM, termasuk ukuran prestasi dan prestise-nya.
(2)  Di bidang Sarana Pendidikan
Gedung atau bangunan sekolah termasuk ruang belajar, ruang praktikum, kantor dan sebagainya beserta perabot atau mebeuler yang memadai akan memiliki daya tarik tersendiri bagi popularitas sekolah.
(3) Di bidang Sosial
Partisipasi SMP Negeri 20 Mataram dengan masyarakat sekitarnya, seperti kerja bakti, perayaan-perayaan hari besar nasional atau keagamaan, sanitasi dan sebagainya akan menambah kesan masyarakat sekitar akan kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar sebagai anggota masyarakat yang senantiasa sadar lingkungan demi baktinya terhadap pembangunan masyarakat.
(4) Kegiatan Karya Wisata
Sebagai sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, seperti membawa brosur serta atribut sekolah sampai keluar kabupaten/kota menyebabkan nama SMP Negeri 20 Mataram dapat dikenal lebih luas sampai luar kota. Bahkan tertib sopan santun para siswanya di perjalanan akan mendapat kesan tersendiri dari masyarakat yang disinggahi dan dilaluinya.
(5) Kegiatan Olah Raga dan Kesenian
Kegiatan Olah raga dan Kesenian yang merupakan sarana hubungan sekolah dengan masyarakat, misalnya dalam porseni dan lomba antar sekolah akan membawa keunggulan sekolah dan membawa nama harum SMP Negeri 20 Mataram.
(6)  Menyediakan fasilitas sekolah untuk kepentingan masyarakat sekitar sepanjang tidak mengganggu kelancaran PBM, demikian sebaliknya fasilitas yang ada di masyarakat sekitarnya dapat digunakan untuk kepentingan SMP Negeri 20 Mataram.
(7)  Mengikutsertakan tokoh-tokoh masyarakat dalam kegiatan kurikuler dan ekstra kurikuler sekolah, baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan masih banyak lagi kegitan operasional hubungan sekolah dengan masyarakat yang dikreasikan sesuai situasi, kondisi serta kemampuan pihak-pihak terkait.
4.4 Program Khusus Wakil Kepala Sekolah Urusan Humas SMP Negeri 20 Mataram
1. Melakukan relasi sosial dengan komite sekolah dan masyarakat serta pemerintah dalam bentuk kerjasama dua arah berkaitan dengan pendidikan
2.  Terjalinnya hubungan baik dengan komite sekolah dan masyarakat serta pemerintah
3. Melakukan relasi sosial dengan pihak sekolah terutama SD dan MI terutama dalam upaya  penerimaan siswa baru
4. Terjalinnya hubungan baik dengan SD, MI terutama satu Rayon.
5. Melakukan relasi sosial dengan pihak media massa terutama untuk membangun citra positif dan pemberian informasi yang aktif dan proporsional
6. Pemasangan berbagai informasi dan dokumentasi kegiatan sekolah melalui papan pengumuman, radio, televisi dan internet
7. Bekerja sama dengan OSIS, membuat ID Card dan majalah dinding yang lebih menarik secara berkala
8. Melakukan studi banding ke madrasah/ sekolah yang memeliki kontribusi ke lembaga pendidikan atau dunia pendidikan
9.  Mengadakan lomba siswa antar kelas setiap satu kali setahun
10. Mendata dan membentuk ikatan alumni SMP Negeri 20 Mataram (Spendupul).
11. Mengembangkan Website Sekolah

4.5  Faktor Pendukung
Kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat di SMP Negeri 20 Mataram bisa berjalan baik apabila di dukung oleh beberapa faktor yakni:
1. Adanya program dan perencanaan yang sistematis.
2. Tersedia basis dokumentasi yang lengkap.
3. Tersedia tenaga ahli, terampil dan alat sarana serta dana yang memadai.
4. Kondisi organisasi sekolah yang memungkinkan untuk meningkatkan kegiatan hubungan sekolah dengan masyarakat.

4.6 Sumber Dana
è Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)


BAB V
PENUTUP

6.1     Kesimpulan

Program Kerja Wakasek Humas ini merupakan pedoman kerja dalam melaksanakan tugas sehari-hari sekaligus sebagai tolak ukur dalam menilai hasil pelaksanaan kerja wakil kepala Humas.
Keberhasilan dari pelaksanaan kerja ini sangat bergantung pada peran serta dan kerjasama yang sungguh-sungguh dari semua personal sekolah. Oleh sebab itu semua guru, pegawai dan siswa dapat menjadikan Program Kerja ini sebagai pedoman dalam merumuskan dan menjabarkannya secara lebih operasional sesuai fungsi dan tugas masing-masing. Program Kerja ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kita semua dalam usaha bersama untuk mencapai sasaran, yaitu tujuan institusional dan tujuan pendidikan nasional

6.2     Saran-saran

Diharapkan program kerja urusan Humas ini dapat dijadikan acuan dan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan  di SMP Negeri 20 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk tahun pelajaran yang akan datang.  Kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif agar dalam tahun pelajaran 2016/2017 lebih baik lagi.

1 komentar:

  1. semoga bermanfat, mari tinggalkan pesan sebagai semangat daam membangun pendidikan yang lebih baik. terimakasih atas kunjungannya.

    BalasHapus